Ladies Beauty Health Clinic

..Ladies Beauty Health Clinic..
welcome to our Site
and be
Healthy Inside Beauty Outside..

Label

Selasa, 13 November 2012

Bagaimana Sih Cara Kerja Bekam?


ž  Mengapa bekam dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit? Bagaimana cara kerja bekam menurut penelitian medis? Para ahli pengobatan barat modern (konvensional) sangat tertarik dengan fenomena yang terjadi saat melakukan bekam dan merekapun melakukan penelitian. Bahwa ternyata di bawah kulit, otot, maupun fascia terdapat satu poin atau titik yang  mempunyai sifat istimewa. Antara poin satu dan poin lainnya saling berhubungan membujur dan melintang membentuk jaring-jaring atau jala. Jala ini disebut dengan meridian  atau habl. Dengan adanya jala ini maka terdapat hubungan erat antara bagian dalam dengan bagian luar, antara bagian kiri tubuh dengan bagian kanan tubuh, antara organ yang satu dengan organ yang lainnya, antara organ  dengan tangan dan kaki, antar organ padat dengan organ berongga dan lain  sebagainya. Sehingga membentuk satu kesatuan yang tak dapat terpisahkan dan dapat bereaksi secara serentak.
ž  Kelainan yang terjadi pada satu poin ini dapat ditularkan dan mempengaruhi poin lainnya, juga sebaliknya, pengobatan pada satu poin akan menyembuhkan poin lainnya pula.
Dan telah dibuktikan apabila dilakukan pembekaman pada satu poin, maka kulit (kutis), jaringan di bawah kulit (sub kutis), fascia dan ototnya akan terjadi kerusakan dari mas cell dll. Akibat kerusakan ini akan dilepaskan beberapa zat seperti serotonin, histamine, bradikini, slow reacting substance (SRS), serta zat-zat lain yang belum diketahui.  Zat-zat inilah yang menyebabkan terjadinya dilatasi kapiler dan arteriol, serta flare reaction pada daerah yang dibekam.Dilatasi kapiler juga dapat terjadi di tempat yang jauh dari tempat pembekaman. Hal ini menyebabkan terjadinya perbaikan mikrosirkulasi pembuluh darah. Akibatnya timbul efek relaksasi (pelemasan) otot-otot yang kaku. Serta akibat vasopdilatasi umum akan menurunkan tekanan darah secara stabil.
Pada system perifer langsung berefek pada organ untuk menghasilkan hormone-hormon insulin, thyroxin, adrenalin, corticotrophin, estrogen, progesterone, testosterone. Hormone-hormon inilah yang bekerja di tempat yang jauh dari pembekaman.
Sedangkan golongan histamine yang ditimbulkannya mempunyai manfaat dalam proses reparasi (perbaikan) sel dan jaringan yang rusak, serta memacu pembentukan reticulo endothelial cell, yang akan meninggikan daya resistensi (dayatahan) dan imunitas (kekebalan tubuh).
Itulah khasiat bekam yang telah dibuktikan oleh ilmu medis modern dan ternyata sangat besar
Manfaatnya bagi penyembuhan tubuh. Tidak salah memang karna bekam ini adalah peninggalan rasulullah nasihat para penghuni langit, yaitu para malaikat untuk manusia penghuni bumi yang ingin sehat.
عنابنعباس،عنالنبيصلىاللهعليهوسلم،قال : « خيريومتحتجمونفيهسبععشرةوتسععشرةوإحدىوعشرين » ،قال : « ومامررتبملأمنالملائكةليلةأسريبيإلاقالوا : عليكبالحجامةيامحمد » مسندعبدبنحميد

Dari Ibn Abbas r.a, dari Rasulullah bersabda: Sebaik-baik hari untuk Hijamah adalah pada tanggal 17, tanggal 19 dan 21.” Rasulullah SAW bersabda : “ Aku tidak diperintah oleh Para Malaikat pada Malam Isra kecuali mereka (para Malaikat) itu berkata : Kerjakan Hijamahya Muhammad .”(Musnad Abd bin Hamid)


"Jibril memberitakan kepadaku bahwa hijamah adalah cara pengubatan yang paling bermanfaat buat manusia."

عَنْأَبِيرَجَاءٍ،عَنْسَمُرَةَ،قَالَ: قَالَرَسُولُاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَ:"أَفْضَلُمَاتَدَاوَىبِهِالنَّاسُالْحِجَامَةُ". المعجمالكبيرالطبراني

Dari Abi Raja’, dari Samurah r.a.berkata : bahwa Sesungguhnya Rasulullah bersabda: Sebaik-baik pengobatan yang manusia lakukan adalah dengan Hijamah. (Mu’jamKabir – At Thabrani)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar